FAMIGLIA JUVENTUS INDONESIA

FAMIGLIA JUVENTUS INDONESIA

Selasa, 21 November 2017

Buffon Kembali Ceritakan Awal Mula Dirinya Beralih dari Gelandang Menjadi Kiper

Gianluigi Buffon mengaku dulu ia bermain sebagai gelandang, namun kemudian terinspirasi menjadi seorang kiper setelah menyaksikan penampilan kiper Kamerun di Piala Dunia 1990.


Buffon mengawali karirnya di akademi klub Parma sejak tahun 1991, saat usianya menginjak 13 tahun. Ia sendiri sempat bermain di beberapa posisi, di antaranya di sektor gelandang.

Akan tetapi, pada akhirnya ia pun beralih menjadi seorang penjaga gawang. Keputusan itu sendiri tak lepas dari kekaguman Buffon pada penampilan kiper timnas Kamerun di Piala Dunia 1990, Thomas N'Kono.

N'Kono sendiri dikenal sebagai sosok kiper yang dinamis, atletis dan agresif. Ia kerap melakukan penyelamatan-penyelamatan akrobatik dan kerap meninju bola-bola crossing yang datang ke area kotak penalti.

Piala Dunia 1990 sendiri digelar di Italia. Kamerun saat itu berhasil menembus babak perempat final sebelum akhirnya dijinakkan oleh Inggris dengan skor 3-2.



"Saya bermain sebagai gelandang sampai berusia 12, dan kemudian datang dorongan menonton Piala Dunia 1990 dan bersimpati dengan Kamerun," kenang kapten Juventus itu pada situs resmi UEFA.

"Di sanalah saya mengagumi Thomas N'Kono dan saya ingin meniru dirinya," sambung kiper 39 tahun ini.

"Setelah itu, setiap kali saya bermain di bawah mistar gawang, ayah saya kadang-kadang mengatakan bahwa saya sebenarnya bermain tidak seburuk itu," ujarnya.

1 komentar:

  1. Le6end.. Gigi buffon il capitano, N'kono mnjdi inspiratif bagi sosok gigi.. Forza gigi buffon..

    BalasHapus